Tanaman Cengkeh – Ciri Ciri, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Untuk Kesehatan

Tanaman Cengkeh – Ciri Ciri, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Untuk Kesehatan

Tanaman Cengkeh – Ciri Ciri, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Untuk Kesehatan – Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang berasa dari keluarga pohon Myrtaceae. Sejak dulu, cengkeh dijadikan sebagai bumbu rempah sekaligus obat herbal. Indonesia merupakan negara dengan penghasil cengkeh terbesar di dunia ini. Cengkeh sendiri berasal dari daerah Maluku dan Ambon. Cengkeh yang bernama latin Syzygium Aromatikum mempunyai aroma yang khas seperti sedikit terasa pedas.

<>

Tanaman Cengkeh - Ciri Ciri, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Untuk Kesehatan

Ciri Ciri Tanaman Cengkeh

Secara umum, cengkeh memiliki ciri-ciri antara lain : jenis daun trifoliate yang biasanya terdiri dari 5-7 biji daun tertutup, memiliki stipula adnate yang merajut ke tangkai daun, dan memiliki kepala bunga dengan ukuran kecil berwarna merah, ungu, putih, atau kuning.

Jenis-Jenis Cengkeh

Cengkeh memiliki beberapa jenis, dan yang paling utama yaitu :

  • Cengkeh Putih. Jenis cengkeh yang memiliki warna daun kekuningan, cabang yang pertama kali muncul biasanya akan cepat mati, tetapi akan muncul cabang yang baru pada ukuran sekitar 1-2 meter. Memiliki bentuk bundar dengan daun dan cabang yang tidak begitu rindang, dan memiliki 16 kuntum bunga.
  • Cengkeh Katak. Jenis cengkeh dengan warna daun yang hijau kekuning-kuningan, mengkilap, dan cenderung licin. Memiliki tandan bunga sekitar 20-50 kuntum. Cengkeh katak merupakan cengkeh yang paling mudah beradaptasi terhadap lingkungan manapun dibandingkan dengan jenis cengkeh lainnya.
  • Cengkeh Zanzibar. Jenis ini memiliki daun yang banyak atau rimbun, tanaman ini pendek dari jenis lain. Hal ini terbukti dari jarak antara cabang pohon dengan tanah terbilang dekat. Daun cengkeh ini biasanya berwarna merah muda ketika masih muda dan akan berubah warna menjadi hijau tua ketika sudah tua. Memiliki tangkai yang panjang dan kuntum pada cabang bunga ketika matang mencapai 50 buah.

Kandungan Cengkeh

  • minyak asiri 16-20%,
  • eugenol 80-82%,
  • asetil eugenol,
  • kariofilen,
  • furfural,
  • metal-amilketon,
  • vanillin,
  • kariofilen,
  • tannin,
  • gom,
  • serat,
  • air,
  • asam galatanat,
  • kalsium oksalat,

Khasiat dan Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat cengkeh sebagai tanaman herbal tradisional untuk permasalahan berbagai penyakit, sudah tidak diragukan lagi kebenarannya, sudah menjadi rahasia umum cengkeh sangat ampuh untuk sakit gigi. Sebagai jenis tanaman yang melimpah ruah di Indonesia, cengkeh menjadi rempah wajib untuk berbagai masakan khas nusantara. Sifat cengkeh yang hangat kerap kali digunakan untuk pembuatan berbagai minuman, namun sebenarnya apakah manfaat mengkonsumsi cengkeh? Sebagai rempah alami cengkeh juga bermanfaat seperti halnya manfaat kunyit atau pun juga manfaat temulawak yang baik untuk kesehatan. Berikut ini di antaranya :

1. Membantu Mengobati Sakit Gigi

Minyak cengkeh telah digunakan berabad-abad lamanya untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempatkan/mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi. Hasilnya sangat luar biasa, kandungan zat yang terdapat pada cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.

2. Mencegah Peradangan

Berbagai zat aktif seperti flavanoid ditemui pada minyak asli cengkeh. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan pada penyakit rematik misalnya. Rasanya yang hangat juga bisa menjadi ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan saluran pernapasan.

3. Mengatasi mual dan Muntah

Cengkeh memiliki berbagai kandungan yang sangat ampuh untuk mengatasi mual dan muntah, selain cengkeh, minyaknya juga ampuh untuk mengatasi keluhan mual dan muntah ini.

4. Meningkatkan sistem pencernaan

Cengkeh membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan, sehingga mereka membantu meringankan muntah, diare, gas usus dan sakit perut. Namun pengunaannya harus diperhatikan karena mereka memiliki zat yang cukup kuat sehingga dapat mengiritasi lambung.

5. Mengatasi pilek

Jika anda pilek, ada baiknya anda mencampurkan minyak cengkeh dengan madu lalu meminumnya satu – dua kali satu hari untuk memberikan efek hangat. Selain itu mengoleskan minyaknya pada hidung juga dapat membantu meringankan pilek.

6. Menjaga tubuh tetap hangat

Cengkeh merupakan salah satu herbal yang dapat menjaga tubuh agar tetap hangat baik jika di kunyah secara langsung ataupun dengan mengoleskan minyak di bagian tubuh yang dingin juga sangat efektif memberikan rasa hangat.

7. Mengatasi Sinusitis

Ada berbagai penelitian yang mengaitkan antara manfaat cengkeh dengan masalah sinusitis. Cara pemanfaatannya adalah dengan memanfaatkan bubuk cengkeh dan meletakkannya di bagian dalam hidung.

8. Menyehatkan jantung

Sudah sejak lama penyakit jantung menjadi momok menakutkan penduduk dunia. Kandungan Eugenol pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah yang mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

9. Meredakan batuk

Mengunyah cengkeh dapat menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh gatal yagn terdapat di tenggorokan. Rasanya mungkin sedikit getir dan ada pahitnya, tetapi kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.

10. Meringankan Infeksi saluran pernafasan

Cengkeh memiliki berbagai kandungan antioksidan dan berbagai zat yang dapat menghilangkan rasa sakit serta membunuh kuman yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan.

11. Mengatasi Jerawat

Minyak cengkeh merupakan salah satu herbal yang dari berbagai penelitian yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskannya pada daerah jerawat tersebut. Kemungkinan jerawat yang tersebar di wajah mungkin dapat dihilangkan dengan membunuh bakteri dengan bantuan sifat antimikroba dari minyak cengkeh.

12. Menghilangkan noda dan guratan di kulit

Minyak cengkeh adalah salah satu herbal yang penting untuk menghilangkan noda dan guratan di kulit yang disebabkan oleh luka atau penyebab lainnya. Minyak ini dapat membantu membuat kulit lebih lembut agar tidak tampak jelek jika terkena guratan.

13. Sumber antioksidan

Minyak esensial cengkeh kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, fosfor, besi dan vitamin A dan C. Sangat jarang herbal yang berbentuk minyak memiliki properti yang dapat memiliki antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah.

Cengkeh ternyata juga sangat bermanfaat untuk penderita penyakit diabetes. Silahkan kunjungi : Manfaat Cengkeh Untuk Diabetes

Itulah sedikit penjelasan tentang tanaman cengkeh. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Terkait

Obat Salep Benjolan di Ketiak Saat Hamil dan Setelah Melahirkan
Obat Salep Pengering Bekas Pasca Operasi Caesar Resep Dokter di Apotik
Cara Pengobatan Kista Bartholin Secara Alami Tanpa Tindakan Operasi
Obat Penambah Leukosit di Apotik
Daftar Nama Salep Untuk Psoriasis di Kulit Kepala di Apotik
Manfaat dan Cara Mengolah Belimbing Wuluh Untuk Hipertensi Generik
Rahasia Wajah Glowing Dengan Air Mawar
Khasiat Bawang Bombay Untuk Penderita Diabetes
Obat Herbal Kanker Nasofaring Yang Ampuh Tanpa Operasi, 100% Alami
Cara Menaikkan Peranakan Yang Turun Setelah Melahirkan
Obat Flek Paru Paru Resep Dokter di Apotik
Obat Salep Intertrigo Paling Ampuh di Apotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *