Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit – Selamat datang di website kami. Disini kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang manfaat daun pegagan untuk kulit. Simak dibawah ini…

<>

Daun Pegagan

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit

Daun Pegagan memiliki nama ilmiah “Centella Asiatica” bentuk daunnya cenderung lebar, pegagan yang diperkirakan berasal dari Asia, yang terletak di daerah tropis Asia. Seperti di daerah Indonesia dengan daerah tropis, tak heran pegagan daun mudah ditemukan di indonesia. Sudah banyak orang yang memanfaatkan. Daunnya sebagai bahan alami pegagan untuk kesehatan dan obat-obatan. Daun ini sering digunakan untuk membuat teh herbal, selain itu ada juga mengonsumsi daun pegagan dengan raw raw mentah (untuk sayuran).

Fakta Tentang Daun Pegagan

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit – Daun pegagan menjadi bahan ramuan alami yang kaya akan kandungan antioksidan. Ini digunakan sebagai obat tradisional, daun ini bahkan sudah dijadikan bahan ramuan tradisional sejak jaman dulu. Dimana orang dulu sering memanfaatkan daun pegagan untuk pengobatan penyakit kulit, melancarkan peredaran darah, pengobatan gangguan saraf dan lain-lain. Bahkan di Malaysia, daunnya telah digunakan sebagai bahan baku untuk produk kesehatan dan kecantikan, seperti krim untuk mencegah keriput pada kulit, krim untuk mengencangkan kulit wajah, dan berbagai jenis krim lainnya dengan fungsinya.

Kandungan Gizi Dari Daun Pegagan

  • Beta Carotene 6.58 mg
  • Fosfor 30 mg
  • Kalsium 170 mg
  • 1,2 mg niacin
  • 414 mg potassium
  • Tiamin 0,15 mg
  • Riboflavin 0,14 mg
  • Asiaticoside 40%
  • 2.1 Asam askorbat 4 mg
  • Asam asiatik 29-30%
  • Asam Madecassic 29-30%
  • Madecassoside 1-2%

Manfaat Daun Pegagan

1. Meringankan kecemasan, stres dan Sebagai obat penenang alami

Daun Pegagan bisa dijadikan obat alami untuk menenangkan pikiran. Dimana pada senyawa triterpenoid terdapat efek menenangkan pada tubuh dan jiwa. Bahkan senyawa triterpenoid juga bekerja membantu melancarkan proses sirkulasi darah ke otak. Senyawa triterpenoid pada daun pegagan bergizi dapat mengurangi kecemasan dan juga memperbaiki fungsi mental pada beberapa individu.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychopharmacology tahun 2000 disebutkan bahwa pasien diberi asupan daun pegagan kurang terkejut dengan suara (60 menit setelah dosis tunggal) dibandingkan pasien yang tidak mengkonsumsi asupan daun pegagan.

Periset menyatakan bahwa daun pegagan khaiat berpotensi menimbulkan anti kecemasan pada manusia, dan menunjukkan bahwa pegagan daun berpotensi mengatasi stres kronis secara alami.

2. Penyembuhan luka

Anda bisa memanfaatkan daun pegagan untuk mengobati perdarahan atau luka pada kulit (metode pengobatan eksternal). Bahkan daun pegagan secara alami bisa membantu menghentikan perdarahan secara alami.

Pegagan secara tradisional digunakan untuk mengobati luka ringan. Pada pegagan daun mengandung zat yang disebut triterpenoid yang berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan kadar antioksidan di area kulit yang terluka, sekaligus menjaga agar suplai darah ke daerah yang cedera berjalan dengan baik.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Lower Extremity Lounds tahun 2006, melakukan penelitian untuk mengetahui manfaat pegagan daun untuk penyembuhan luka. Hasil penelitian menemukan bahwa luka yang diobati dengan ekstrak daun memberikan kesegaran penyembuhan pegagan secara signifikan.

Senyawa organik lainnya dan saponin yang ditemukan pada tumbuhan seperti daun pegagan bergizi ini untuk merangsang proses penyembuhan pada luka. Senyawa ini bekerja untuk merangsang aliran darah ke sel dan juga melindungi kulit dari infeksi, sehingga sangat membantu untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Sembuhkanlah luka bakar

Daun pegagan juga bergizi untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Pegagan mengandung zat yang berpotensi sebagai anti bakteri, anti radang dan anti virus, sehingga daun pegagan bisa bermanfaat untuk pengobatan luka bakar pada kulit, psoriasis, dermatitis dan lainnya. Dengan penggunaan ramuan ini berasal dari bahan alami, sangat berguna untuk menyembuhkan luka pada jenis luka bakar.

Kandungan daun pegagan memiliki fungsi untuk meningkatkan suplai darah ke daerah luka, sehingga juga meningkatkan tingkat antioksidan di daerah tersebut. Asupan antioksidan yang banyak akan mendorong produksi fibroblas, dimana fibroblas membantu mensintesis kolagen, berguna untuk membantu proses penyembuhan dan mengurangi timbulnya jaringan abnormal atau rusak yang terjadi di kulit.

4. Kesehatan kulit

Daun pegagan juga kaya akan asam amino, beta karoten, asam lemak, dan fitokimia poten. Ekstrak daun Pegagan diketahui bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, merangsang pertumbuhan sel baru, membangun kolagen, memperbaiki sirkulasi dan meredakan peradangan.

Penelitian telah menyebutkan bahwa daun pegagan memiliki khasiat dalam penyembuhan dan peremajaan kulit tubuh, sehingga mulai dimanfaatkan pada sejumlah perawatan kulit baru. Penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences tahun 2012 ini telah menemukan berbagai manfaat, termasuk daun pegagan yang memiliki aktivitas pelindung kulit dan penyembuh luka di kulit.

nah itulah sedikit penjelasan tentang manfaat daun pegagan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Terimakasih telah berkunjung

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *