Makanan dan Buah Buahan Yang Dianjurkan Untuk Penyakit Parkinson

Makanan dan Buah Buahan Yang Dianjurkan Untuk Penyakit Parkinson – Parkinson adalah penyakit saraf kerusakan sel-sel otak yang menyebabkan lambat saat bergerak, lengan dan kaki selalu merasa kaku. Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit ini adalah terjadinya tremor atau gemetaran. Sedangkan gejala awalnya biasanya sulit dikenali.dikenali.

<>

Makanan dan Buah Buahan Yang Dianjurkan Untuk Penyakit Parkinson

Gejala Penyakit Parkinson

  • Merasa lemah atau terasa lebih kaku pada sebagian tubuh.
  • Gemetaran halus pada salah satu tangan saat beristirahat.
  • Tremor makin parah dan menyebar.
  • Otot terasa kaku dan tidak fleksibel.
  • Pergerakan menjadi lambat.
  • Berkurangnya keseimbangan dan juga koordinasi tubuh.

Penderita penyakit Parkinson juga bisa mengalami gejala fisik lainnya (misalnya konstipasi, sulit tidur atau insomnia, kehilangan indera penciuman atau anosmia, serta masalah daya ingat) dan gejala psikologis (misalnya cemas dan depresi).

Penyebab Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson memengaruhi bagian kecil dari otak tengah yang bernama susbstantia nigra. Fungsi dari substantia nigra adalah mengirim pesan ke berbagai saraf di tulang belakang yang berfungsi mengendalikan otot-otot pada tubuh. Pesan akan dikirimkan dari sel otak ke saraf dan otot dengan memanfaatkan senyawa kimia yang disebut neurotransmiter. Salah satu neurotransmiter utama yang dihasilkan oleh sel otak di substantia nigra adalah dopamine.

Pengaturan gerakan dari tubuh sangat dipengaruhi oleh dopamine. Saat jumlah dopamine menurun akan menyebabkan aktivitas otak akan terganggu. Inilah yang menyebabkan munculnya tanda-tanda dan gejala penyakit Parkinson.

Penyebab menurunnya dopamine ini masih belum diketahui. Tapi terdapat beberapa faktor yang bisa memicu hal ini, seperti faktor keturunan dan faktor lingkungan.


Lantas, Apa Makanan dan Buah Buahan Yang Dianjurkan Untuk Penyakit Parkinson Agar Kiranya Dapat Mengurangi Gejala Yang Ditimbulkan (?)

Hingga saat ini, penyakit Parkinson belum memiliki obat penyembuhnya. Pengobatan dan juga penanganan yang tersedia hanya ditujukan untuk meringankan gejala yang dialami. Pengobatan dilakukan untuk menjaga kualitas hidup penderita agar bisa beraktivitas senormal mungkin.

Berikut ini ada beberapa makanan dan buah-buahan yang dianjurkan untuk penyakit parkinson yang kiranya dapat meringankan gejala tersebut diantaranya :

  • Cabai

Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran yang secara alami mengandung nikotin seperti cabai merah, cabai rawit dan paprika akan membantu mengurangi risiko terkena penyakit parkinson.
Dalam sebuah penelitian menunjukkan adanya penurunan resiko terkena penyakit parkinson apabila Anda mengkonsumsi Cabai ataupun juga paprika. Itu dikarenakan kandungan nikotin didalam cabai mampu merangsang produksi dopamain pada otak, sehingga syaraf dalam tubuh bisa di tenangkan.
Dopamin sangat berperan penting didalam mencegah syaraf tertekan dan sebaliknya membuat syaraf rileks yang pada akhirnya memberi efek membuat Anda merasa bahagia. Perasaan ini harus dijaga terutama oleh para lansia, supaya terhindar dari serangan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit parkinson.

  • Buah Berry

Buah berry memiliki berbagai macam jenis, seperti : Strawberry, blueberry, dan blackcurrant. Memiliki banyak kandungan nutrisi dan selain mengandung antioksidan, ternyata buah berry ini bisa mencegah penyakit parkinson.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Inggris dan Amerika, pria yang makan buah bersamaan dengan minum teh dan wine, ditemukan sebanyak 40 persen pria mengalami penurunan resiko terserang penyakit Parkinson. Mereka diberikan makan buah ini selama seminggu berturut-turut. Hasilnya resiko terserang penyakit Parkinson berkurang, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah makan buah. Temuan yang dilakukan oleh Harvard University dan University of East Anglia (UEA), berhasil menambah banyak bukti. Bahwa mengkonsumsi buah berry secara rutin dapat menjaga tubuh tetap sehat.

  • Bayam

Bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang penting bagi kesehatan otak. Kandungan mineral seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan antioksidan yang dimilikinya dapat membantu mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak seperti penyakit parkinson. 

  • Kenari

Buah kenari mempunyai banyak khasiat karena didalamnya tedapat kandungan asam lemak omega 3, asam galik, elagik, 16 antioksidan jenis fenol, alfa linolenik, dan vitamin C. kandungan asam lemak omega 3 inilah yang merupakan nutrisi untuk otak

Selain itu, 60% struktur otak manusia terbangun dari lemak. sehingga otak juga membutuhkan asam lemak. pertama omega 3 sebagai nutrisinya. selain itu buah kenari juga merupakan makanan untuk otak. pada sebuah penilitian dalam journal of alzhimer’s disease membuktikan bahwa mengkonsumsi buah kenari dapat menangkal panuan pada fungsi otak.

  • Nanas

Nanas mengandung banyak vitamin C dan unsur mangan, serta kandungan kalorinya rendah, sering mengkonsumsi nanas dapat meningkatkan daya ingat pada penderita parkinson, dan memperlambat perkembangan penyakit.

Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Parkinson

  • Menghindari lemak hewani

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit parkinson lebih umum terjadi pada orang yang makan lemak hewani dan lemak jenuh dalam tingkat tinggi.

  • Menghindari Produk Susu

Sebuah studi besar menemukan risiko lebih tinggi untuk penyakit parkinson pada pria yang mengasup susu dalam jumlah yang tinggi. Para peneliti berfikir ini mungkin disebabkan bahan kimia yang ditemukan dalam produk susu yang disebut tetrahydroisoquinilines. Selain itu, neuron dopamin dapat rusak oleh bahan kimia lain dalam produk susu, termasuk beta-carbolines, pestisida dan polychlorinated biphenyls.


Itulah beberapa makanan dan buah-buahan yang baik untuk penderita parkinson dan makanan yang dilaean yang harus Anda ketahui untuk mengurangi penyakit tersebut. Selain dengan mengkonsumsi makanan yang baik, kami rekomendasikan juga Obat Herbal QnC Jelly Gamat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan juga dapat mencegah penyakit parkinson kambuh.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Silahkan Kunjungi >>> Khasiat QnC Jelly Gamat (Bersifat Multikhasiat)

Terimakasih telah berkunjung, semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda

Baca Juga :

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kulit

Khasiat dan Manfaat Daun Dewa Untuk Penyakit Kista

Cara Menghilangkan Benjolan Kista Tumor dan Kanker di Payudara Tanpa Operasi

Krim Obat Penghilang Lentigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *