Khasiat Bawang Bombay Untuk Penderita Diabetes

Khasiat Bawang Bombay Untuk Penderita Diabetes

Khasiat Bawang Bombay Untuk Penderita Diabetes – Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang sering dijadikan bumbu masakan. Disamping aromanya yang sedap, bawang bombay juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

<>

Khasiat Bawang Bombay Untuk Penderita DiabetesTanaman yang rendah kalori dan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Satu cangkir irisan bawang bombay kurang lebih mengandung 64 kalori. Bahan makanan ini juga mengandung 3 gram serat, 7 gram gula, 2 gram protein, dan 15 gram karbohidrat. Sekitar 10 persen dari kebutuhan harian vitamin B6, vitamin C, dan mangan juga dapat diperoleh dari mengonsumsi bawang bombay. Selain itu, bahan ini juga mengandung magnesium, folat, zat besi, fosfor, kalium, antioksidan kuersetin, sulfur, dan kalsium.

Bawang Bombay Untuk Penderita Diabetes

Bawang bombai juga diketahui memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi. Kandungan sulfur atau belerang tersebut sangat bermanfaat dalam hal menurunkan kadar glukosa dalam darah. Meski sama sama memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, kandungan sulfur pada bawang bombay ternyata memiliki bentuk yang berbeda dengan sulfur yang ditemukan pada jenis bawang lainnya. Sulfur yang ditemukan pada bawang bombay berbentuk allyl propyl disulphide. Senyawa inilah yang dapat membantu menurunkan gula darah penderita kencing manis sehingga akan lebih baik jika bawang bombay ditambahkan pada setiap masakan yang akan dikonsumsi penderita.

Selain dapat membantu menjaga kestabilan gula darah penderita diabetes dan non-penderita, bawang bombay juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Apa lagi dengan penderita kencing manis, resiko penyakit kardiovaskular tersebut biasanya akan semakin berkurang.

Selanjutnya…

Sumber lain juga menyebutkan, bahwa bawang bombay juga banyak mengandung vitamin B1 yang berfungsi untuk mendorong vitalitas dan meningkatkan nafsu makan. Pada penelitian yang dilakukan oleh salah satu Universitas di Amerika pada tahun 2004, diteliti reaksi perkembangan sel kanker bila sel tersebut disatukan dengan zat-zat yang dikeluarkan oleh bawang bombay. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa beberapa jenis bawang bombay dapat berkhasiat untuk mencegah kanker hati dan kanker usus besar.


Jadi pada kesimpulannya, bawang bombay ini sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk penderita diabetes.

Berikut ini sedikit tips untuk cara pengolahan bawang bombay untuk obat diabetes

  • Anda bisa campurkan bawang bombay ke menu diabetes Anda, pastikan jumlah bawang bombaynya tidak berlebihan.
  • Mengkonsumsi bawang bombay setiap hari sangat baik untuk penderita diabetes.
  • Kandungan yang ada di bawang bombay akan membantu kadar gula darah, dengan ini kadar gula darah pun bisa turun dan penyakit diabetes bisa sembuh secara perlahan.

Itulah sedikit penjelasan tentang khasiat dari bawang bombay untuk penderita diabetes. Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk Anda

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *